Minggu, 15 November 2015

NEGARA MAJU DI EROPA






Di benua Eropa terdapat banyak negara maju. Bahkan hampir semuanya. Negara berkembang sebagian terdapat di bagian timur benua Eropa. Kebanyakan negara di Eropa adalah negara maju karena memiliki pendapatan per kapita yang tinggi. Selain itu, tingkat penguasaan teknologinya juga sudah sangat maju. Berikut adalah beberapa negara maju di benua Eropa. Langsung saja kita simak yang pertama :

1. Italia

 

Italia adalah sebuah negara di sebelah selatan benua Eropa. Bentuk pemerintahan Republik. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan oleh perdana menteri. Ibu kota di Roma. Lagu kebangsaan “Frateli D’Italia La Italia S’E Desta”. Luas wilayah 301.270 km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $35.123. Mayoritas penduduk beragama Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Itali, dan sebagian besar penduduknya adalah orang Italia. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, potasium, dan sulfur.

2. Portugal

 

Italia adalah sebuah negara di sebelah barat benua Eropa. Bentuk pemerintahan Republik. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan oleh perdana menteri. Ibu kota di Lisabon. Lagu kebangsaan “Heiros Do Mar”. Luas wilayah 94.276 km2. Jumlah penduduk 9.800.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 107 jiwa/km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $20.663. Mayoritas penduduk beragama Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Portugis. Penduduk aslinya terdiri atas bangsa Portugis. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: beras, gandum, anggur, zaitun, buah-buahan, uranium, batubara, besi, emas, tembaga, dan koalin.

3. Spanyol

 

Spanyol adalah sebuah negara di sebelah barat benua Eropa. Terletak di sebelah timur Portugal. Bentuk pemerintahan monarkhi konstitusional. Negara dikepalai oleh raja, sedangkan pemerintahan oleh perdana menteri. Ibu kota di Madrid. Lagu kebangsaan “Himno Nacional (Marcha Granadera)”. Luas wilayah 505.050 km2. Jumlah penduduk 36.900.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 79 jiwa/km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $30.315. Mayoritas penduduk beragama Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Spanyol. Penduduknya terdiri atas suku Kastilia, Valencia, Andalusia, Galicia, dan Basque. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: zaitun, anggur, gandum, jeruk, merkuri, uranium, potasium, timah, besi, dan tembaga.

4. Jerman

 

Jerman adalah sebuah negara di sebelah utara benua Eropa. Bentuk pemerintahan republik. Kepala negara dan pemerintahan dipimpin oleh Kanselir. Ibu kota di Berlin. Lagu kebangsaan “Einigkeit und Recht und Freiheit”. Luas wilayah 356.910 km2. Jumlah penduduk 81.600.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 33 jiwa/km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $45.925. Mayoritas penduduk beragama Protestan dan Katolik. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jerman. Penduduk asli terdiri atas campuran suku Tentania, Kelt, dan bangsa Slavia. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: padi, umbi, kentang, bit gula, anggur, minyak bumi, tembaga, dan biji besi.

5. Swiss

 

Swiss adalah sebuah negara di bagian tengah benua Eropa. Bentuk pemerintahan republik federal. Kepala negara dan pemerintahannya dipimpin oleh presiden. Ibu kota di Bern. Lagu kebangsaan “Rufst Du Mein Vaterland”. Luas wilayah 41.290 km2. Jumlah penduduk 7.200.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 181 jiwa/km2. Mata uang Franc Swiss. Pendapatan per kapita $80.276. Mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma dan Kristen. Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa Prancis, Jerman, dan Itali. Penduduk terdiri atas orang Jerman, Prancis, dan Itali. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: kentang, bit gula, tembakau, padi-padian, dan garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar